7 Kesalahan Umum yang Harus dihindari Pada Situs Toko Online

Anak jawa |
Anda pasti oke bahwa ketika ini semakin marak bermunculan situs toko online. Dan setiap toko online itu diperlukan bisa meningkatkan pengunjung yang berakhir dengan transaksi.

Indonesia dengan populasi penduduk yang amat tinggi memiliki potensi dan peluang urusan ekonomi online yang besar pula. Sesuai laporan dari We Are Social Asia Tenggara pada tahun ini , Ada sekitar 46 % pengguna internet yang mengunjungi toko online dan 24.74 juta orang di Indonesia yang berbelanja melalui situs e-commerce. Jumlah nilai total belanja pasar e-commerce di Indonesia mencapai US$5 ,6 milliar.

Tingginya nilai transaksi menunjukan bahwa peluang urusan ekonomi di bidang ini sangat menjanjikan Dan salah satu faktor penting pendukung website yang sangat menghipnotis yaitu perancangan website toko online.

Kunjungi Ini Juga : 6 Faktor Penting Dalam Membuat Website Bisnis Online

Perancang harus memikirkan model website yang potensial , Sehingga website yang dibuat bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dan dapat mendukung brand toko online tersebut. Dengan meningkatnya loyalitas pelanggan , Peningkatan peluang dalam bertransaksi juga semakin tinggi.

Namun pada kenyataannya , Masih banyak website toko online yang belum bisa meningkatkan transaksi. Bahkan transaksi yang terjadi sangatlah minim dan hampir tidak ada padahal website yang dibuat sudah termasuk berumur.

Apa sih penyebabnya ?

kesalahan pada situs toko online

Kesalahan Pada Situs Toko Online


Nah , di bawah ini ada beberapa kesalahan umum situs toko online yang sering kali terjadi dan sepatutnya dihindari , Silahkan disimak :

1. Minim Konten Visual

Secara psikologis , Orang akan lebih mudah menangkap sebuah gambar yang ditampilkan dari pada berupa teks. Pengunjung biasanya tidak mau pusing dan berlama-lama membaca hingga habis teks yang terpampang di sebuah situs toko online.

Oleh alasannya yaitu itu website menjadi lebih efisien bila konten visual diperbanyak , atau melalui tayangan video durasi pendek akan lebih mempermudah dan memperjelas penyampaian pesan situs ke pelanggan.

2. Halaman Penuh Kalimat yang Panjang

Penjelasan produk melalui kalimat yaitu penting , Namun akan lebih baik bila penjelasannya sesingkat mungkin tapi jelas. Ketika pelanggan mengunjungi situs toko online Anda , Mereka tentu ingin segera mencari apa yang mereka inginkan dengan cepat dan mudah.

Oleh alasannya yaitu itu , Janganlah membuat laman web penuh dengan kalimat yang panjang , Hal ini tentu akan membuat pengunjung semakin pusing dan memilih untuk pindah ke situs lainnya.

3. Situs Tidak Responsive

Penggunaan perangkat mobile yang semakin hari semakin meningkat.menyumbang peluang saluran terhadap sebuah toko online. Hal menyerupai ini haruslah dimanfaatkan meningkatkan pengalaman yang optimal bagi pengguna mobile. Tampilan responsive (tampilan mobile) harus menjadi perhatian di setiap awal perancangan situs sehingga pengguna akan lebih nyaman dan mudah untuk mengaksesnya.

4. Terlalu Banyak Iklan

Meskipun iklan akan menyumbang pendapatan situs , Namun perlu diperhatikan jumlahnya. Jangan hingga situs yang awalnya berniat untuk menjual produk malah memunculkan banyak iklan. Umumnya pengguna tidak menyukai iklan yang memenuhi situs. Terutama iklan Pop-Up yang sering muncul di situs.  Bila hal demikian dibiarkan terjadi bukan tidak mungkin Anda akan kehilangan pelanggan.

5. Menggunakan Hosting Gratis

Selain terkesan tidak profesional , Menggunakan akun hosting gratis tidaklah akan nyaman. Keterbatasan saluran sudah pasti menjadi kendala pengembangan , Disamping itu situs akan mudah dihentikan kapan saja dan pemilik situs tidak akan bisa berbuat lebih banyak.

Penggunaan domain dan hosting berbayar tidaklah memerlukan investasi yang besar , Kemudahan dan keleluasaan saluran akan menjadi investasi yang lebih berharga. Oleh alasannya yaitu itu upayakan tidak membuat website toko online menggunakan hosting gratis untuk keperluan membangun urusan ekonomi jangka panjang Anda.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Membuat Website Gratis dan Mudah

6. Tidak Melakukan Promosi

Walaupun Anda memiliki situs yang cantik , keren , menarik dan responsive , namun produk toko online tidak laku bahkan tidak ada pengunjung sama sekali.

Anda boleh saja memiliki konten paling menarik di dunia , tetapi jikalau tidak ada yang bisa menemukannya , situs web itu sama saja menyerupai situs yang tidak memiliki konten sama sekali alias tidak bernilai.

Anda bisa mencoba menghindari kesalahan situs toko online menyerupai ini dengan melaksanakan promosi untuk menarik pengunjung. Promosi bisa dilakukan melalui FbAds , AdWords dan lain-lain. Lakukan promosi dengan biaya yang rendah terlebih dahulu , bila terjadi reaksi pengunjung atau transaksi maka perlahan tingkatkan dengan biaya promosi yang lebih tinggi lagi.

baca juga : Produk Toko Online Anda Tidak Laku ? Hindari 6 Penyebabnya

7. Situs yang Tidak Jelas

Situs yang tidak mencantumkan kontak lebih rentan dicap sebagai situs abal-abal. Banyaknya pelanggan yang menjadi korban penipuan berawal dari situs yang tidak terang asal muasalnya.

Hal ini tentu akan membuat pelanggan menjadi extra waspada. Karena itu situs sebaiknya mencantumkan alamat , no HP , Pin BB , atau No. WhatsApp yang masih aktif. Selain mudah dihubungi pelanggan juga lebih meyakinkan pelanggan.

Situs tidaklah perlu terlihat cantik , elegan. Yang terpenting dalam setiap perancangan yaitu menghindari kesalahan situs toko online menyerupai penjelasan di atas. Dengan demikian diperlukan website menerima peningkatan pelanggan yang bermuara pada transaksi. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

7 Kesalahan Umum yang Harus dihindari Pada Situs Toko Online
4/ 5
Oleh